Selasa, 23 Februari 2010

Presiden Terpilih BEM-KM UGM Tak Kunjung Dilantik Karena IP-nya Rendah

Seperti yang dilansir oleh Balkon, Presiden BEM-KM UGM terpilih yang tidak pernah dikenal secara luas oleh seluruh mahasiswa UGM, Aza, tidak kunjung dilantik oleh Rektor UGM. Hal ini disebabkan oleh IP (Indeks Prestasi) yang bersangkutan tidak memenuhi syarat. Dengan IP 1,96 Aza tidak diakui sebagai Presiden BEM-KM terpilih, karena syarat minimal adalah 2,00. Indikator tersebut menunjukan bahwa Presiden BEM-KM terpilih mengesampingkan syarat akademis yang merupakan tugas utamanya.

Persoalan IPK tersebut dinilai oleh pihak Rektorat terlalu rendah sebagai seorang pemimpin organisasi mahasiswa. "Saat pemilihan berlangsung, IP dia hanya 1,96. Menurut peraturan yang berlaku, dengan nilai itu seharusnya dia sudah di-DO", ujar Direktur Kemahasiswaan UGM, Haryanto.

Akibat persoalan ini, pihak Rektorat menyarankan agar dilakukan pemilihan ulang. Namun, rekomendasi ini ditolak oleh pihak mahasiswa, karena proses pemilihan tidak semudah yang dibayangkan dan rekomendasi tersebut menyalahi demokrasi.

Untuk meluruskan berita yang kurang menyenangkan ini, Aza melakukan jumpa pers di sekretariat BEM-KM. Pada intinya, berita yang dimuat (bahkan sampai di Kompas) tidak sepenuhnya benar, dan pihak Rektorat meminta maaf atas kejadian ini dan segera meluruskan berita tersebut.[OI]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar